agus wibisono.com

20 Tahun Timor Leste: Cerita Setelah Merdeka | Mata Najwa

Mata Najwa lagi di istana presiden Timor Leste. Ini adalah tempat nanti sebentar lagi akan berlangsung upacara kemerdekaan Timor Leste yang ke 20. Timor Diinvasi oleh Indonesia Indonesia Menghadapi Aksi Gerilya di Timor Timur. Timor Timur Merdeka Pertama kali ke Dili
Oh pertama kali?
Cantik sekali Pasti Timor Leste menyesal itu keluar dari Indonesia. Wah banyak anak muda Timor Leste ingin tinggalkan negaranya. Apa betul? TIMOR LESTE
SALAH SATU NEGARA TERMUDA DI DUNIA. MERESTORASI KEMERDEKAAN DI TAHUN 2002. SETELAH MELALUI REFERENDUM, RAKYAT TIMOR LESTE MEMUTUSKAN UNTUK LEPAS DARI INDONESIA.

ADA BANYAK HAL TERJADI SEPANJANG 20 TAHUN TERAKHIR. SAYA AKAN BERBINCANG DENGAN ELITE NEGERI INI, JUGA BERBINCANG DENGAN GENERASI MUDANYA. UNTUK MELIHAT LEBIH DEKAT BAGAIMANA RAKYAT BUMI LOROSAE BERJUANG MERAIH MIMPINYA SEBAGAI NEGARA MERDEKA. Sekarang jam 5, kita akan naik pesawat ke Dili. Pesawatnya memang pagi, dan pesawat ke Dili itu hanya ada 2 kali, sekarang ini ya 2 kali dalam seminggu tiap Selasa dan tiap Jumat. Dan memang gak ada penerbangan langsung, semuanya dari Denpasar. Flightnya kurang lebih 2 jam. MATA NAJWA TIBA DI TIMOR LESTE. KAMI LANGSUNG DISAMBUT HANGAT PRESIDEN PERTAMA NEGARA ITU, XANANA GUSMAO. KEDATANGAN KAMI MENJELANG PERAYAAN RESTORASI KEMERDEKAAN TIMOR LESTE YANG KE-20. MOMEN YANG TEPAT DIAJAK BERKELILING DILI, IBU KOTA TIMOR LESTE.

BERGERAK BEBAS SEPERTI INI, HAMPIR MUSTAHIL DILAKUKAN XANANA EMPAT PULUH TAHUN LALU. SAAT ITU, DIA ADALAH PEMIMPIN KELOMPOK PRO KEMERDEKAAN YANG PALING DICARI. Ini! Ceritakan soal foto ini. Saya enggak kenal. Saya enggak kenal. Saya enggak kenal orang ini. Masa enggak kenal? Tangan diborgol tapi tetap tersenyum. Kenapa bisa tangan diborgol, ada pistol tetapi tetap tersenyum. Dari mana itu? Karena saya tidak tahu menangis. Saya tidak tahu menangis. Kenapa masih bisa, tidak rasa takut disini? Karena saya sudah bertemu dengan tentara selama di perang. Iya perang di sana. Orang pertama yang saya kenal adalah seseorang yang kita tembak dan kita tangkap, karena dia enggak bisa lari dan di situ sedang sakit.

Saya menjadi dokter supaya… Jadi musuh pun dirawat? Kalau tidak punya lagi senjata dan sedang menderita. Itu bukan musuh. Itu manusia! Manusia bukan musuh. Musuh kalau dia dengan senjata, kita juga dengan senjata. Tapi begitu senjata tidak ada. Begitu dia luka, itu sesama manusia?
Manusia! Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1976 yang telah disahkan oleh DPR RI, pada pokoknya mengesahkan penyatuan Timor Timur dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. SEJAK 1976, TIMOR LESTE DIJADIKAN PROVINSI KE-27 INDONESIA DENGAN NAMA TIMOR TIMUR. SETELAH ORDE BARU TUMBANG DI INDONESIA, 30 AGUSTUS 1999, REFERENDUM DIADAKAN UNTUK MENENTUKAN NASIB TIMOR LESTE. DAN RAKYAT TIMOR LESTE, TERNYATA MEMILIH LEPAS DARI INDONESIA. MAKA TEPAT HARI ITU, 20 MEI 2002, SEBUAH NEGARA BARU LAHIR.
TIMOR LESTE MERESMIKAN KEMERDEKAANNYA. KEMERDEKAAN ITU MEMBENTANGKAN HARAPAN BARU BAGI HARI-HARI BERIKUTNYA DI TIMOR LESTE. TAPI BERBAGAI MASALAH TAK SEKETIKA LENYAP KARENANYA. Pengennya kan lebih maju lagi, yang sekarang kan belum yang seperti kita harapkan. Saya ingin pengembangan pembangunan nasional yang lebih baik dan maju di negeri ini.

termasuk pembangunan di 13 distrik dan kembangkan juga aspek pendidikan. 20 TAHUN SUDAH MERDEKA, TAPI WAJAH TIMOR LESTE TIDAK TERLALU TERASA ASING BAGI SAYA. JEJAK INDONESIA MASIH TERASA DEKAT. Banyakan itu semua dari Indonesia semua impor-nya dari Indonesia. Bahan 9 pokok itu banyak dari Indonesia. BEGITU JUGA DARI TEMPAT INI, TAMAN MAKAM PAHLAWAN SEROJA,
PEMAKAMAN MILITER TENTARA INDONESIA YANG GUGUR SELAMA BERTUGAS DI TIMOR-TIMUR. Pak Mahfud, jadi ini kali pertama Pak?
Untuk saya kali pertama. Saya juga secara khusus diminta presiden untuk hadir. Jadi secara umum Pak Mahfud, kalau bicara Indonesia-Timor Leste, terkadang pak narasi di publik mengatakan misalkan TL pasti menyesal itu keluar dari Indonesia, atau menyesal memilih merdeka. Itu narasi di publik secara umum, tapi yang bapak tangkap dari bagaimana melihat Timor Leste sekarang dan relasi hubungannya dulu? Kalau soal narasi itu urusan publik dan kesannya sendiri-sendiri.

Tetapi kita tidak bisa membuat jarum sejarah berbalik. Tidak bisa juga berbuat sejarah itu berjalan mundur. Apapun sekarang harus jalan ke depan. Timor Leste sudah merdeka jalan, dan kita bantu untuk maju, tapi kita akan membantu sesuai dengan tata hubungan internasional. ANAK MUDA TIMOR LESTE YANG LAHIR SETELAH KEMERDEKAAN TIDAK BUTA AKAN SEJARAH MEREKA MEWARISI PENGETAHUAN MASA LALU TENTANG APA YANG TERJADI DI TANAH AIRNYA APALAGI KEDEKATAN TERHADAP INDONESIA MASIH JADI BAGIAN DARI KESEHARIAN MEREKA Biasanya belajar Bahasa Indonesia dari mana?
Dari sinetron, sih. Kalau saya tidak, suka nonton televisi tapi karena suka membaca dan bahasanya mudah dimengerti jadi saya baca buku Bahasa Indonesia. Seperti penulis terkenal Indonesia seperti Mbak Najwa, Fiersa Besari, Boy Chandra, Eka Kurniawan saya suka banget dia punya buku. Jadi dari buku, dari YouTube, dari musik. Kalau anak muda Timor Leste sekarang musik dari Indonesia yang didengar apa? Beda-beda sih.

Tergantung genre. Yang Tulus “Hati-hati di Jalan” lagi viral.
Itu juga viral disini?
Iya lagi viral juga di sini. Kalau pandangan kalian tentang Indonesia? Kalau Indonesia kan salah satu negara yang pernah menjajah Timor Leste, jadi sudah menjadi bagian juga jadi kultur juga ke kampus ini, makanannya, dan orang-orang juga ada yang kawin campur dengan masyarakat Indonesia, jadi sudah kayak menyatu. Sudah jadi bagian dari Timor Leste begitu. Kita kan juga enggak bisa merubah masa lalu atau sesuatu yang sudah terjadi.

Kalau di tahun Indonesia menjajah Timor Leste, (kami) diharuskan sekolah. Jadi itu positif banget, karena sekolahnya dari SD sampai SMA. Jadi kalau pandangan saya ke belakang itu, saya bersyukur banget bisa dijajah sama negara yang bisa memberikan kesempatan untuk sekolah. Kalau seperti di Portugis kan sekolahnya hanya sampai kelas 3, Kalau Indonesia menjajah kan sekolahnya harus sampai SMA. Sampai sekarang kan ada juga pemuda Timor Leste yang sekolah di sana. Tinggal di sana juga. Kamu mau sekolah di Indonesia enggak atau sempat kepikiran? Dulu inginnya lanjut sampai universitas di sana (Indonesia), mimpinya pengin banget masuk di UGM. Oh mimpi kamu masuk UGM. Sampai sekarang masih ada keinginan kuliah di UGM, mungkin S2 nya? Kalau Tuhan berkehendak, pengen banget. KELOMPOK ANAK MUDA SEPERTI INI MUNGKIN BUKAN YANG DOMINAN DI KALANGAN PENDUDUK TIMOR LESTE. MELEK INFORMASI, PUNYA AKSES TERHADAP LITERASI, GOLONGAN YANG DIANGGAP PUNYA BANYAK KESEMPATAN MENINGGALKAN NEGERI MEREKA YANG BELUM IDEAL. Kakak, kemarin iseng-iseng masukin Google, “Anak muda Timor Leste” apa yang keluar.

“Wah banyak anak muda Timor Leste ingin tinggalkan negaranya,” apa betul? Kalau menurut saya sih begini yah Kak Najwa, kita kan ini negara post conflict country, jadi perkembangan ekonomi masih minim dan juga edukasi. Kalau dilihat dari pendapatan keluarga juga masih minim, jadi mau tidak mau, biasanya anak pertama harus mengorbankan pendidikannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Itu jadi fenomena sosial, salah satunya makanya terjadi banyak migrasi. Mungkin Kak Najwa pernah dengar banyak yang ke Inggris, Korea, juga ada di Australia, banyak pemuda dari Timor Leste. Mau kerja di Inggris karena gajinya besar, pegang uang poundsterling atau di Portugal. Tapi betul kan, kalau enggak ada pekerjaan, mau cari ke luar negeri? Betul, karena enggak ada pekerjaan tapi mereka enggak ada niat untuk meninggalkan negaranya sendiri. PELUANG KARIR BAGI ANAK MUDA DI TIMOR LESTE MEMANG TERBATAS, TAPI PROBLEM YANG LEBIH MENDASAR BAGI ANAK MUDA DI TIMOR LESTE RUPANYA AKSES PENDIDIKAN YANG MERATA. SAYA BERTANDANG KE LIQUICA, SEKITAR 20 MENIT PERJALANAN DARI DILI. Hallo ibu, salam kenal.

Saya Najwa, dengan ibu?
Ibu Kasian.
Ibu Kasian. Senang bertemu ibu. SAYA BERJUMPA DENGAN IBU MADALENA BIDAU SOARES, YANG JUGA DIJULUKI “KASIAN”. DIA BERINISIATIF MENDIRIKAN SEKOLAH UNTUK MEMBANTU PENDIDIKAN ANAK-ANAK DI DESANYA. Pemerintah telah perhatikan sekolah ini, tapi belum juga membangun gedung sekolah. Gedung yang sekarang itu peninggalan Indonesia. Mereka kalau sekolah di sini bayar? Tidak ada iuran sekolah per bulan, tapi jika ada aktivitas sekolah, para orang tua memberi sumbangan sebanyak 1 dolar atau 2 dolar dan uang untuk seragam. Pertama kali sekolah ini dibuka tahun 2008, sekolah gratis, para guru pun tidak dibayar, jika ada uang kadang saya berikan 10 dolar sebagai upah, kemudian dinaikkan menjadi 15 dolar dan beras 25 kg. Ibu guru sudah berapa lama mengajar?
Sudah 15 tahun di sini. Bagaimana ibu mengajar, mengapa ibu mengajar?
Karena tidak ada orang yang mengajar disini. Ibu punya sekolah ini, makanya Ibu yang suruh saya mengajar di sini untuk kepentingan anak-anak. Ibu Madalena Soares Kasian
Kasian itu apa artinya? Kasian artinya prihatin terhadap negara kami yang lagi perang, ketika kami mengungsi ke hutan dan bergabung dengan angkatan bersenjata FALINTIL, semua keluarga kami termasuk orang tua ditangkap ABRI. Tinggal kami sendiri biarpun kami merasa sedih dan tidak berpikir untuk kembali ke orang tua.

Kami tetap bergerilya di hutan untuk mencapai tujuan kemerdekaan Timor Leste. Timor Leste sudah 20 tahun merdeka ibu, bagaimana ibu Kasian melihat Timor Leste saat ini setelah 20 tahun merdeka? Menurut saya, 20 tahun sudah Timor Leste merdeka, tapi perkembangan belum merata. Sebagian ada perkembangan yang baik dan sebagian belum. Contohnya, jalan raya umum ada yang baik dan ada yang rusak. Jalan raya menuju kecamatan dan desa belum ada perkembangan, sebagian masyarakat di kampung belum mendapat akses listrik. Sejak kapan ibu bangun sekolah? Pertama kali saya bangun sekolah ini dengan uang saya sendiri, jumlahnya sudah tidak ingat lagi. Sebelumnya saya juga mendirikan kelompok untuk kaum perempuan namanya “Grupu Feto Faluk Hadomi Timor” dan mempekerjakan ibu-ibu yang suaminya sudah meninggal. Kami mencari uang, saya juga jualan di pasar. Ketika saya sudah punya uang, saya bangun sekolah, anggota kelompok yang lain ada yang aktivitasnya jahit, ada juga yang melakukan kerajinan tangan.

Karena impian saya bangun sekolah dan didukung teman-teman, akhirnya sekolah dibangun. KONFLIK ELIT POLITIK YANG BERKEPANJANGAN MENJADI SUMBER MASALAH DI TIMOR LESTE ADA DUA PARTAI TERBESAR YANG BERKUASA DI TIMOR LESTE CNRT YANG DIPIMPIN XANANA GUSMAO
DAN FRETILIN YANG DIPIMPIN MARI ALKATIRI SELAMA 15 TAHUN TIMOR LESTE SUDAH ENAM KALI BERSALIN PEMERINTAHAN Do people of Timor Leste are happy, bapak?
No. They are not happy?
Not happy. Happy with independence as a political emancipation, but not as the result for the whole process for development. They have no clean water in their home,
but we are thinking of having a highway in the South Coast, what for? What for? No clean water.

The education is the level of very low level, Combating poverty is not a cause, but it is only a slogan. Bapak Mari, you’ve said all this but all the same time, we know Fretelin is the biggest political party, actually have the capacity to fulfill all those dreams and challenges Now, yes but this is the reason because we have very small parties, very-very.., and normally our system since 2007 that they said the winner party, winning government they can but, the alliance between Xanana and small party since 2007. It shouldn't be like these The winner are still winner, have to give opportunity to the winner to govern, So are you saying that Fretlin has never been given a fair chance in running the country even though you found the election? Yes, started from Ramos Horta when he was president in 2007.

He did not give a chance to Fretilin, Fretilin won but he did not.
He knows. Pencapaian terbesar negeri ini setelah 20 tahun? Terbesar menurut saya adalah rakyat bisa mengerti bahwa jangan lagi violence (kekerasan). Ini yang terbesar. Kalau di antara elite, apakah elite political tension between elite (ketegangan politik antara elite)? Karena kerap kali rakyat dibawah terpengaruh oleh elite di atas Di tahun-tahun pertama krisis, itu ke bawah dan rakyat menderita, saling membunuh, saling ini, saling itu. Sekarang, kita di dalam krisis-krisis elite, yang punya power, yang punya ini punya itu. Hanya di atas, untung tidak sampai di bawah. Hanya krisis ini secara indirect (tidak langsung) punya pengaruh. Pengaruh karena orang tidak kerja. Roda pemerintahan tidak bekerja? Pengaruhnya indirect. Is it true that you haven’t spoken to him (Xanana) for several years, Bapak? Since 2017 You haven’t talked to Xanana Gusmao since 2017. Okay. Why is that? Because of Xanana, he thinks that he’s above the state. He’s thinking he’s above the state, for me there is nobody to be above the state.

Of course you and Pak Xanana Gusmao both have a very stronghold in Timorese politics and right now, it seems that both of you have a very strong view against each other. My question is, are you not worried this ongoing face-off will continue to polarize the country, Pak Mari? I don’t think so ya, getting old and older one day we will go.

This is reality but we need to as far as we still play the part, we need to calm down and not to bring again people into disaster like in 2006. You’re not worried the political tension and Pak Xanana it will trickle down This is the first time I accepted an interview after the second round. This is the first time. Thank you for the opportunity Because I’ve been avoiding. You’ve been avoiding these kind of questions?
Yes. Why are you worried about this kind of questions, bapak? No, not worry just people have been suffering. And they always some people try to accuse Xanana and Mari Alkatiri
Put them against each other? Yes and I’m trying to play a role of peaceful politics and nothing else.

So, no plan in the near future to talk to Pak Xanana? I’m not gonna, I don’t know. You’ll wait for him to come to you? I wrote him a letter
You wrote him a letter.
Recently, two weeks ago. Immediately before the voting. Inviting him to talk.
What was his response?
But he refused. TAHUN INI TIMOR LESTE KEMBALI MEMILIH PRESIDEN BARU ADA 16 CALON PRESIDEN YANG BERTARUNG SEDERET NAMA BARU MERAMAIKAN PEMILU NAMUN LAGI-LAGI WAJAH LAMA YANG TERPILIH
JOSE RAMOS HORTA MENANG DENGAN 62 PERSEN SUARA Sudah terpilih oleh rakyat, dia jadi presiden untuk Timor Leste, bukan untuk satu grup atau satu kelompok Sudah 20 tahun Timor Leste memperoleh kemerdekaan, sebagai masyarakat kecil sangat mengharapkan kedamaian dan kestabilan harga barang.

Jadi malam ini kita lagi mau jalan untuk hadir pelantikan presiden Timor Leste. Acaranya sendiri katanya akan sampai jam 12 malam. Jadi malam ini kita akan begadang di pelantikan presiden Timor Leste. Tempatnya di Tasi Tolu. Kita akan berangkat sekarang ke sana. Udah pake kain tais, nih. Kain khas tenun Timor Leste. Terima kasih Mimi Krisdayanti yang udah kasih kain ini untuk saya pakai malam ini. Sebagai salah satu bentuk penghormatan pada undangan dari negara tetangga. Acara begini, biasanya itu mereka senang ikut karena setelah pelantikan, ada acara bebas. Sambil dansa anak-anak muda perempuan dan laki-laki. Mereka bisa sampai pagi itu. Jadi acara resmi selesai, pejabat pulang, anak muda ambil alih. Iyah betul, biasa begitu.
Dansa sampai pagi. Lihat seperti itu, ini nanti mereka dansa sampai pagi. Sudah sampai di Tasi Tolu, ini tempat pelantikan presiden. Sekarang jam 9.15, rencananya jam 10 Presiden terpilih Ramos Horta akan datang ke tempat acara, dan pelantikan akan dimulai. Selamat malam
Malam
Selamat malam suster. Malam, kita hanya lihat di TV.
Malam.
Bisa foto kah? Foto sebentar.
Boleh, foto boleh. Ini saya minta stop dulu kalau gitu, kita foto dulu. Bisa dengar dan juga bisa dilihat. Ada panggung musik sebelah kiri dari panggung utama.

Dari tadi para undangan yang datang dihibur dengan musik dari penyanyi-penyanyi kenamaan Timor Leste. Jadi pelantikan presiden ini menggabungkan 2 unsur, ada seremoni tapi juga ada pesta rakyatnya. INI ADALAH KALI KEDUA RAMOS-HORTA MENJABAT SEBAGAI PRESIDEN TIMOR LESTE MAKA PERTANYAAN INI PERLU DIJAWAB APA YANG MEMBUATNYA INGIN KEMBALI TERJUN KE RANAH POLITIK PRAKTIS SETELAH JEDA HAMPIR 10 TAHUN? Mr President congratulations on winning the election
Thank you So that was your main reason? Your reason to decide to One reason is as president, I know the limitations of the office of president in our political system, but heavy and said so, I want a strong say, a strong involvement in the economics of the country Because in the next 5 years we have to really get the economy moving, and fast and in a big way. We have to invest much more in agriculture sector, education, health, clean water, we have to really eradicate extreme poverty, child malnutrition, We have to bring investments from Indonesia, from China, Korea, or whatever.

Because invest Timor Leste is easier, than investing in Indonesia, because Indonesia has already its own big conglomerates My preference is to invite for instance, pharmaceutical industries from Europe, medical industries, medical equipment to invest here, but also fashion industry Fashion?
Yes to manufacture, they have European design but manufactured by Timorese women. So Timor Leste could be a very important new manufacturing, but not in terms of base on cheap labor like Bangladesh or Vietnam, no. Skilled Labor
We go for the high end fashion industry, to employ less people but better pay. So I want to show you some photos That is a rock star from the 70s.

How old were you here? Incredibly long hair, very embarrassing. No, it’s actually very cool, you should put this up, Mr. President How old were you here?
I think I was less than 30, 27 or 28 or whatever. Reminiscing back to those times, what were some of your core memories, the resistance era when you were this young? Well, you know I wasn’t a radical person, I was always a social democrat I never believed in Marxism-Leninism, I also didn’t like American style capitalist that really have whole sentiments, no compassion. So although my appearance show that that was radical. Either I didn’t have money to cut my hair or I thought it was great, but when looking back, a bit embarrassed. So this is the last Is this during the? This was a few months ago, the campaign.

Do you think it would be much different now? If we consider this your second term and the first time was the first term, what would be the main differences and the similarity? Well, the current term easier Easier now?
because in 2007 I inherit a very serious political, security crisis and the country was very divided. We had problems within the army, the police and there was violence. Today Timor Leste is an oasis of tranquility We don’t have ethnic base violence, we don’t have political violence, we don’t have religious violence, no religion or political radicalism of any sort. We don’t have organized crime, and sometimes I joke we don’t have organized crime because we are a very disorganized country. No one is organized. We improvised a lot. So this term will be easier for you? Easier, we have more money in our sovereign fund, petroleum fund, what we lack is a wise leadership, wise government PETROLEUM FUND SEPERTI MAGIC WORD DALAM KAMUS POLITIK TIMOR LESTE LEBIH DARI 80 PERSEN PENDAPATAN TAHUNAN NEGARA TIMOR LESTE DITOPANG DARI MINYAK BUMI SEBENARNYA INI CARA MENCARI UANG YANG CUKUP MUDAH BAGI NEGARA YANG PUNYA SEGUDANG MASALAH KEMISKINAN.

PENGANGGURAN. DAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN TETAPI, PENGELOLAAN ANGGARAN JUMBO TERSEBUT DINILAI SERAMPANGAN. Kenyataanya adalah petroleum fund bukan mengisi defisit anggaran tetapi dia jadi main source untuk belanja negara, dan ini adalah sangat berbahaya. Praktik kebijakan publik yang membahayakan. Karena tidak ada source income yang lain? Iya, benar. 90 persen itu petroleum fund menguasai. Tetapi ekonomi Timor Leste hampir mayoritasnya dari oil economy. Jadi oil economy yang berasal dari sumber daya yang tidak bisa diperbaharui maka otomatis ekonomi masa depan pun juga tidak bisa diperbaharui.

Dan diperkirakan jika tidak berubah kebijakan nya akan habis kapan? Beberapa data dari beberapa NGO, saya sendiri mengkalkulasikannya bahwa sekitar tahun 2033 kemungkinan akan jadi nol. Dengan karakter anggaran berdasarkan tingkat belanja 2021. Pemimpin-pemimpin kami masih struggle dengan power. Bagaimana mereka mau bicara soal kesejahteraan rakyat, ketika para pemimpin memperebutkan soal jabatan bagi mereka? Itu perjuangan yang masih panjang Berpengaruh gak ribut-ribut elit di atas? Atau hanya sebatas debat-debat di atas, kalau sampai masyarakat akar rumput menurut kalian berpengaruh gak? Berpengaruh banget.

Kalau orang-orang elite atau anggota DPR atau Gubernur kalau berantem, debat-debat disana resikonya ke anak-anak muda, karena banyak anak-anak muda mau nya semuanya tenang, semuanya hidup dalam damai. INDONESIA JELAS NEGERI YANG LEBIH BESAR SECARA WILAYAH JUGA LEBIH LAMA MERDEKA TAPI SAYA TETAP BANYAK BELAJAR DARI TIMOR LESTE PERJUANGAN TAK BERHENTI SETELAH “MERDEKA” TERTULIS HITAM DI ATAS PUTIH MERDEKA BUKAN SEBATAS GAGAHNYA MENGIBARKAN BENDERA SENDIRI MERDEKA BERARTI MENGAMBIL TANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA KEPUTUSAN ATAS DIRI SENDIRI DAN TIMOR LESTE SEDANG MENGARUNGI SETIAP INCI RISIKO DAN MASLAHAT DARI SETIAP KEPUTUSAN-KEPUTUSANNYA JALAN TERJAL RASANYA MASIH MEMBENTANG BAGI PERJALANAN TIMOR LESTE. TAPI SEBUAH NEGARA MEMANG TIDAK TERSULAP MEGAH DALAM 10 ATAU 20 TAHUN APALAGI JIKA KITA MENGINGAT PERJUANGAN MEREKA UNTUK MERDEKA LEBIH JAUH DARI 20 TAHUN ITU SAYA BANYAK BERBINCANG DENGAN PEJABAT TINGGI TIMOR LESTE TAPI KEMERDEKAAN SEBENARNYA JUSTRU SAYA TEMUKAN DARI PERJUMPAAN DENGAN ANAK-ANAK MUDA DI SANA MEREKA YANG BISA MENENTUKAN DEFINISI TERBAIK DARI TIMOR LESTE DI MASA SEKARANG LALU MEWUJUDKANNYA DI MASA DEPAN Satu kata untuk Timor Leste. Terakhir untuk masing-masing Kalau buat saya, Timor Leste, satu kata itu “RUMAH” Apa Bahasa Tetun-nya Rumah? Uma
NUma
Iya Kalau saya sendiri “MESIN”.

Mesin. Apa Bahasa Tetun-nya? Makina.
Kenapa mesin? Saya mau Timor leste harus seperti mesin untuk produce anak-anak muda biar jadi orang sukses di masa depan, leader di masa depan. Pokoknya segala sektor. Kalau saya sih satu kata untuk Timor Leste “BUKU” Harus jadi buku yang terbuka ya. Iyah terbuka. Kalau setelah generasi kita datang, kalau mereka membaca buku, ya inilah Timor Leste. Hadomi.
Apa itu artinya?
CINTA Kalau aku BERSATU. Berat 20 kilo diangkat tangan kiri sendiri gak naik, pas bareng tangan kanan naik. RUMAH, MESIN, BUKU, RUMAH juga HOME, CINTA, BERSATU. Here’s to your country Timor Leste. Cheers So, this Pak Mari.
Pak Soeharto What do you think of him?
Bad memories. Bad memories? Only bad? As a politician, I have to, I don’t want to.

You’re a very straightforward politician, I really like it. Because it’s not very often I come to speak with politicians that say what’s on their mind and heart. Penyelamat ini. Penyelamat ini Pak Habibie Penyelamat? Kenapa penyelamat? Kan kalau di zamannya Soeharto kita enggak merdeka.
Gak akan merdeka, sehingga penyelamat banget sih buat kita How about this one? Great man, the new president of Indonesia is amazing, he’s extraordinary leader, humble, approachable with practical experience as a former businessman, and relatively young. Ini terakhir.

BELAJAR IKLAN DI FACEBOOK & INSTAGRAM DISINI

WhatsApp chat