belajar design dengan canva elements

belajar design dengan canva elementsApa Itu Canva?

Canva merupakan aplikasi desain grafis online yang gampang untuk dipakai, pun bagi pemula. Tidak cuma itu, Canva juga bisa diakses melewati perangkat desktop ataupun mobile. Dengan demikian, Anda bisa berkreasi kapan malah dan di mana bahkan.

Aplikasi situs ini hakekatnya mempunyai dua versi berbayar dan satu versi tidak dipungut bayaran. Akan tapi, Anda telah bisa merasakan bermacam-macam fitur tanpa membeli versi premiumnya. Fitur-fitur hal yang demikian akan dibeberkan pada komponen lain tulisan ini.

Sebelumnya sudah diceritakan bahwa Canva diketahui sebagai aplikasi desain grafis yang diketahui dengan kemudahan penerapannya. Tetapi, keunggulan Canva diperbandingkan aplikasi lainnya tidak cuma itu. Ada bermacam tipe desain yang dapat Anda ciptakan dengannya, termasuk:

Logo — Branding

ialah salah satu hal terutamanya dalam pembangunan online presence Anda — bagus itu sebuah blog, warung online, atau landing page bisnis. Nah, logo yakni salah satu sarana untuk melaksanakan branding. Di Canva, ada bermacam template yang mempermudah Anda untuk membikin logo unik.

Poster

— Berharap membikin iklan untuk sebuah produk, jasa, atau acara? Poster yaitu salah satu sistem yang ideal untuk menjalankannya. Dengan Canva, Anda dapat membikin desain poster yang menarik dengan gampang.

Featured Image Blog

— Eksistensi featured image dalam sebuah tulisan bisa mempercantik desain blog dan membikin pengunjung lebih betah membaca. Untuk membuatnya secara instan, Anda dapat menerapkan Canva.
Infografik — Supaya konten blog lebih variatif, Anda bisa menyelingi tulisan dengan infografik. Ragam konten ini kompleks dan tak seluruh orang sanggup membuatnya. Tetapi, Canva menyulap pelaksanaan pembuatan infografik menjadi betul-betul gampang.

Newsletter

— Jika e-mail marketing ada dalam daftar teknik pemasaran yang Anda lakukan, pastinya Anda ketahui dengan newsletter. Nah, dengan Canva Anda bisa menghemat waktu dalam pembuatan konten surel hal yang demikian.

Konten Media Sosial

— Konten Facebook yang disertai gambar 2,3 kali lebih tepat sasaran untuk menarik perhatian masyarakat online. Untungnya, Canva mempermudah Anda untuk mendesain bermacam-macam media visual yang pantas untuk media sosial.

Thumbnail Youtube

— Thumbnail atau gambar yang mewakili video youtube Anda tak sepatutnya berupa cuplikan dari video hal yang demikian. Dengan Canva, Anda dapat mendesain thumbnail Youtube yang unik.
Desain Kemasan Produk — Apakah ini pertama kali Anda memasarkan sebuah produk? Canva bisa menolong Anda untuk membikin desain kemasan pelbagai ragam produk, mulai dari label botol sampai kotak karton.

Invoice

— Tidak cuma kios di dunia riil, warung online bahkan perlu memberikan invoice atau rincian pembayaran bagi pembeli. Untuk membedakan invoice Anda dengan milik kios lain, Anda bisa memanfaatkan kemudahan yang Canva berikan.

Banner Iklan

— Berkeinginan membikin banner untuk iklan situs Anda tanpa keahlian desain grafis? Tidak hal yang demikian dapat dijalankan seandainya Anda menerapkan Canva.

Berapa biaya langganan Canva

Bayaran Canva
Dewasa ini ada banyak software desain grafis yang bisa Anda pilih. Akan melainkan, Canva ialah pilihan yang amat menguntungkan apabila dipandang dari banyaknya fitur yang didapat pengguna gratisnya. Berikut ialah daftar fasilitas yang akan Anda temui di versi non-berbayarnya.

250.000+ Template Free untuk Ragam Tipe Konten Visual
Mungkin terdengar tak kongkrit, tapi Anda tak salah mengerti saat membaca judul komponen ini. Dalam versi gratisnya bahkan, Canva menyediakan lebih dari dua ratus lima puluh ribu template.

Metode-teladan konten hal yang demikian terbagi dalam beraneka golongan, termasuk banner laman, kupon diskon, dan slide presentasi.

Memakai Layak Canva
Bila dengan yang dijanjikan di permulaan tulisan, Anda akan mempelajari sistem mengaplikasikan Canva. Membikin telah siap, ikutilah tutorial di bawah ini!

1. Setelah Akun Canva

Untuk dapat mengaplikasikan Canva, Anda perlu membikin akun terutamanya dulu. Caranya sangatlah gampang.

Sesudah mengakses situsnya, klik tombol “sign up” yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar. Anda bisa mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau domisili e-mail. Sesudah menjalankannya, akun Canva Anda telah siap diterapkan.

2. Sesudah Desain Pertama Anda

Sesudah akun Canva Anda dijadikan, Anda akan dibawa ke halaman utama aplikasi hal yang demikian.

Untuk mewujudkan desain pertama Anda, klik tombol “create a design” yang ditunjuk oleh petunjuk panah merah pada gambar di atas, lalu pilih macam konten visual yang berharap dihasilkan.

Dalam tutorial ini, kami akan membikin sebuah banner untuk diwujudkan featured image tulisan blog.

3. Memilih Background

Sesudah memilih macam konten yang berkeinginan diciptakan, Anda akan masuk ke halaman editor Canva.

Anda bisa merancang sebuah desain dengan bantuan template, namun pada tutorial ini kita akan mengawalinya dari nol supaya Anda bisa lebih memahami fungsi dari berjenis-jenis menu editor Canva.

Langkah pertama yang kami lakukan yaitu memilih background. Tidak, ada dua menu yang dapat Anda pilih saat berkeinginan mempertimbangkan gambar untuk latar belakang desain, adalah “Photos” dan “Background”.

Tak dilema menu mana yang Anda pilih. Semua menjadi perbedaan dari keduanya hanyalah pilihan yang mereka berikan.

Pada menu “Photos”, Anda bisa menemukan beraneka foto dengan gaya yang berbeda-beda. Tak segala foto hal yang demikian mempunyai orientasi yang sama — sebagian di antaranya horizontal dan yang lainnya vertikal.

Di sisi lain, menu “Background” menyediakan beragam gradien warna dan gambar dengan gaya minimalis. Walhasil pilihan yang ada dalam menu ini berbentuk horizontal, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

 

4. Mengedit Background

Untuk memandang fitur editing gambar yang dimiliki Canva, kami memilih sebuah foto untuk diwujudkan latar belakang. Seperti yang menonjol pada gambar di bawah ini, ukuran foto hal yang demikian lebih kecil dari bidang yang ada.

 

Oleh sebab itu, ukuran foto hal yang demikian perlu disesuaikan dengan bidang yang ada. Anda bisa menjalankannya dengan klik salah satu dari keempat ujung foto hal yang demikian, lalu menariknya. Cara seperti pada gambar berikut.

 

Anda mungkin juga perlu mengedit background supaya teks yang akan ditambahkan nanti lebih gampang dibaca. Gambar yang kami pilih umpamanya, dapat dibilang terlalu jelas untuk diwujudkan latar belakang. Untuk mengeditnya, klik artikel “Adjust” yang ditandai dengan kotak merah pada gambar di bawah ini.

merubah warna background di halaman editor Canva
Seperti yang bisa Anda lihat, menu “Adjust” berisi sebagian slider yang bisa Anda geser ke kiri atau kanan untuk menerima hasil edit yang diharapkan. Sebagai figur, kami akan mengurangi brightness, contrast, dan saturation dari foto hal yang demikian. Sistem seperti di bawah ini.

 

Perlu dikenal bahwa seluruh perubahan yang Anda buat kepada suatu desain bisa dibatalkan dengan klik tombol undo (yang diilustrasikan dengan lambang si kecil panah ke kiri) yang dijelaskan dengan kotak merah pada gambar di atas.

5. Menambahkan Teks
Untuk menambahkan teks pada desain Anda, klik menu “Text” yang dibuktikan dengan kotak merah pada gambar berikut ini.

 belajar design dengan canva elements

Ada dua metode yang bisa Anda pakai untuk memasukkan teks. Pertama, Anda dapat memilih dari bermacam-macam template yang disediakan oleh Canva. Mengaplikasikan ini lebih praktis sebab pengguna tinggal mengganti artikel yang ada pada template hal yang demikian.

Akan namun, Anda dapat membubuhkan teks secara manual kalau tak berminat dengan tipe template yang ada. Untuk menjalankannya, klik salah satu dari tiga teladan artikel yang ada di atas daftar template, seperti diterangkan pada gambar di bawah ini.

 

Tak persoalan teladan apa yang Anda pilih, sebab nanti Anda bisa merubah ukuran, warna, dan gaya artikel dengan klik pada teks yang mau dikustomisasi. Jenis alternatif pengontrolan teks hal yang demikian dibuktikan oleh kotak merah pada gambar berikut ini.

 

Mengunduh merubah artikel, Anda juga dapat memindahkan lokasinya. Anda cuma perlu klik pada garis luar kotak teks dan menggesernya ke bidang yang diharapkan. Sistem seperti pada figur di bawah.

 

7. Sebab atau Membagikan Desain Anda
Bila tak ada hal lain yang mau ditambahkan, desain Anda telah selesai. Download Canva mempunyai fitur auto save, karya Anda sudah disimpan secara otomatis pada folder penyimpanan yang diceritakan sebelumnya.

Bayaran yang bisa Anda lakukan berikutnya ialah men-download desain hal yang demikian atau membagikannya ke platform lain, seperti situs media sosial. Sesudah, Anda juga bisa mentransfer desain-desain Anda ke tool penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Untuk men-download-nya, klik tombol “Unduh” yang ada pada pojok kanan atas layar. Atau, Anda dapat klik tombol buah hati panah ke bawah yang ada di sebelahnya untuk menimbulkan pilihan lainnya. Supaya lebih terang, lokasi kedua tombol hal yang demikian dibeberkan dengan pedoman panah merah pada gambar berikut ini.

 

Sesudah menekan tombol “Unduh” Anda bisa memilih wujud file yang akan dipakai oleh karya Anda — termasuk PNG, JPG, dan PDF. Membuat telah memutuskan, tinggal klik tombol unduh berwarna biru seperti yang dibeberkan pada gambar berikut.

 

Dengan demikian, desain banner blog Anda telah tersimpan dalam folder unduh komputer Anda.

Demikianlah sistem memakai Canva. bukan? Mengunduh untuk membikin banner blog, langkah-langkah di atas bisa Anda pakai untuk membikin pelbagai tipe desain grafis lainnya.

Mau Belajar Design dengan Canva Lebih Detail Klik Disini 

 belajar design dengan canva elements

Leave a Reply

Your email address will not be published.