Penerapan Model Bisnis Kanvas : Studi Kasus bisnis Kaos satuan Kreakaos

Bagikan IlmuFacebook1Twitter4Google+0LinkedIn5Pinterest0tumblrEmail

Model Bisnis Kanvas

Setelah kemarin membahas mengenai bisnis model kanvas. Secara sekilas model bisnis kanvas menjelaskan cara kerja bisnis kita yang dituangkan dalam visual yang dibagi menjadi 9 aspek utama yaitu:

  1. Customer segments
  2. Value proposition
  3. Channel
  4. Customer relationship
  5. Revenue stream
  6. Key resource
  7. Key activities
  8. Key partners
  9. Cost

Model bisnis digambarkan secara visual agar lebih mudah mengetahui keterkaitan aspek perusahaan. Selain itu dengan mewujudkan kedalam visual berarti bisa menyederhanakan aktivitas yang terlihat rumit.

Model Bisnis Kanvas

Pembahasan kali ini kita akan membuat penerapan model bisnis kanvas untuk bisnis sablon kaos satuan Kreakaos di Solo.

Kreakaos kaos satuan solo

Kreakaos merupakan usaha yang bergerak untuk melayani kebutuhan akan pembuatan kaos satuan. beralamatkan di Jl. Parangliris VI sondakan laweyan solo. belakang kantor Indosat Solo. Alamat webnya di www.kreakaos.com

Di kota Solo hanya ada beberapa penyedia jasa sablon kaos satuan. Sablon satu kaos apapun desainnya dilayani. Target jualan kaos satuan ini adalah mahasiswa dan pekerja kantoran yang ingin mempunyai kaos unik dengan desainnya sendiri.  Selain itu Kreakaos juga menargetkan penjualannya ke komunitas komunitas yang ingin membuat kaos untuk komunitasnya sendiri.

1-katakan-dengan-kaos-977x400

selain bikin sablon kaos satuan, Kreakaos juga menyediakan kaos desain sendiri yang tersedia. Orang bisa beli kaos yang didesainkan oleh kreakaos. desain yang ditawarkan beraneka macam dengan mengikuti perkembangan trend. Orang lain bisa juga mendesainkan kaos dengan imbalan sistem royalti.

Untuk produksinya sendiri, kreakaos sudah membeli bahan kaos (kaos polos) dalam jumlah yang banyak dengan kualitas bagus. Kreakaos juga bekerja sama dengan sablon kaos yang berada di Solo dan di Jogja. Sablon dan desain dibuat dengan hati-hati demi menjaga kualitas kaos yang dihasilkan. Pengemasan dan packing dibuat dengan desain yang unik.

Untuk pemasarannya Kreakaos, menggunakan jejaring sosial facebook, twitter dan web. Selain itu kreakaos juga memasarkan langsung dengan mengirimkan pamflet dan browsur. Kreakaos akan menggunakan jejaring sosial chatting lainnya seperti line, whatsapp dan blackberry messenger.

Karyawan dari kreakaos terdiri dari 3 orang yang mengurusi desainer, produksi dan marketing. aset pendukung berupa komputer untuk desain dan printer.

Membuat bisnis Model Kanvas

Pembuatan bisnis model kanvas bisa dilakukan secara Focus grup discussion ( FGD), brainstorming maupun sendiri. Tapi alangkah baiknya dilakukan secara bersama sama dengan melibatkan karyawan dan partner yang terlibat. Selanjutnya setelah itu salah satu mencetak template dari bisnis model kanvas. Yang bisa didownload disini :

  1. bussiness model generation 
  2. Google doc template

Selanjutnya diisi masing masing kriteria aspek utama tadi yang berisi :

  1. Customer segments
  2. Value proposition
  3. Channel
  4. Customer relationship
  5. Revenue stream
  6. Key resource
  7. Key activities
  8. Key partners
  9. Cost

Masing masing pembahasannya disini : http://aguswibisono.com/2013/memetakan-bisnis-dengan-bisnis-model-kanvas/ Setelah itu masing masing mengisinya dengan post it. Kalo di papan tulis atau kertas ditulis di kertas. Alangkah baiknya menggunakan sticky note atau post it! dan masing masing menempelkannya sesuai yang diketahui.

Dari situ nanti ketahuan keseluruhan model bisnis yang ada. Seperti halnya kreakaos bikin kaos satuan. Ini yang saya kerjakan untuk kreakaos.

bisnis model kanvas kreakaos bikin kaos satuan

 

Sudah terlihatkan gambaran dari bisnis Kreakaos yang ada. Mungkin ada yang mau menambahkan. Itu gambaran dari bisnis model kanvas yang ada. tinggal dari situ kita bisa mengembangkan mau fokus ke arah yang mana. Mau diaspek apa yang mau dievaluasi. Misalnya untuk channelnya mau menambah media yang lain. kalo ada post it akan terasa enak tinggal ditempel saja apa yang akan ingin ditampilkan.

Dipasang dimana Model Bisnis Kanvas yang dibuat?

Sebaiknya model bisnis kanvas ditaruh di papan besar ditaruh di kantor atau tempat semua karyawan berkumpul. Jadi tahu pembahasan bisnis model yang ada. Koordinasi jadi lebih fokus.

Selamat mencoba bisnis model kanvas. Sebenarnya ada model bisnis lainnya untuk menggambarkan bisnis model yang ada.

 

Artikel Terkait

Comments

  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

%d bloggers like this: