Manajemen Inovasi

Bagikan IlmuFacebook2Twitter2Google+2LinkedIn1Pinterest0tumblrEmail

Inovasi dan manajemen Inovasi
menurut definisinya Inovasi merupakan Suatu kreasi, pengembangan dan implementasi suatu produk, proses ataupun layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektifitas ataupun keunggulan bersaing.

Inovasi dan Manajemen Inovasi dalam perusahaan

Inovasi juga bisa berarti memunculkan gagasan baru dan dapat direalisasikan ke dalam penerapannya. Untuk mendapatkan inovasi kita harus memerlukan yang namanya kreativitas. Menurut Schemerhorn dalam buku Management (1999) menjelaskan bahwa kreativitas adalah kecerdikan dan imajinasi yang menghasilkan ide solusi bagi suatu masalah.

 Inovasi dapat diterapkan pada  produk, layanan, proses manufaktur, proses manajerial atau desain sebuah organisasi. Inovasi seringkali dalam bentuk produk atau layanan apabila hasil inovasi tersebut dutujukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Contohnya seperti barang-barang yang kita pakai ini merupakan hasil dari Inovasi.  Sedangkan Inovasi seringkali dalam bentuk proses apabila hasil inovasi tersebut ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Misalnya menggunakan metode quality control untuk mengurangi kecacatan sehingga mengurangi efisiensi dan efektivitas.

Mengapa Inovasi itu diperlukan?

lvin Toffler dalam bukunya menggambarkan kondisi sekarang itu terjadi :
Kesementaraan

  • segala sesuatu menjadi semakin singkat dan cepat. Informasi begitu cepat menyebar dan mengglobal.
  • semakin cepatnya usia suatu barang untuk laku di pasaran.

Keanekaragaman

  • menjadi ajang yang sangat tepat untuk melakukan seleksi dalam banyak hal.
  • ditemukan dalam berbagai jenis barang sehari-hari. Sebagai antisipasi terhadap banyaknya pilihan tersebut, seorang produsen barang atau jasa harus bisa menawarkannya keunikan.

Kebaruan
Akan menarik rasa ingin tahu masyarakat dan orang cenderung menyukai sesuatu yang baru.

  • Waktu efektif segala sesuatu menjadi semakin singkat.
  • Jika ada suatu produk baru, maka produk lama mendapat saingan.
  • Jika produk baru, dengan teknologi baru yang lebih efektif dan ekonomis itu sudah diterima pasar, maka produk lama tinggallah sebuah kenangan dan menjadi barang kuno.

Manajemen Inovasi

Manajemen Inovasi merupakan Proses mengelola inovasi di suatu perusahaan agar dapat berdaya guna bagi penciptaan keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi perusahaan. Manajemen Inovasi diperlukan karena untuk mengakui bahwa ide-ide segar harus terus mengalir secepat mungkin dan setiap saat sebagai antisipasi perkembangan dunia yang semakin cepat, beragam, dan dinamis tersebut. Di sini lah manajemen Inovasi itu harus berperan penting.

Dalam perusahaan, Manajemen Inovasi diperlukan karena  ide-ide segar akan terus lahir di sebuah perusahaan dan menjadi sangat banyak. Keberadaan ide-ide tersebut harus diatur dan disusun secara sistematis agar tidak terjadi kesemrawutan. Inovasi yang harus dijalankan secara sistematis, efisien, dan berkelanjutan ini memerlukan suatu sistem untuk mengatur ide-ide ini agar lebih terstruktur. Dari 100 ide yang brilian, hanya satu yang menjadi inovatif.  Jika dalam suatu perusahaan dihasilkan 100 jenis produk dalam satu tahunnya, maka dibutuhkan 10 ribu ide brilian tersebut.  Tanpa adanya manajemen yang baik, ide-ide itu malah akan menumpuk dan kemungkinan akan terlambat untuk diperkenalkan di pasar. Terlambat diperkenalkan di pasar maka akan kehilangan pendapatan sehingga makin lama akan kehilangan kemampuan bersaing dengan yang lain.

Lihat saja perusahaan perusahaan yang menerapkan inovasi dengan baik. Seperti halnya perusahaan Apple yang terus mengembangkan inovasinya terus sehingga menghasilkan produk produk  gagdet Ipad, Iphone, Ipod yang diterima di pasar . Google dengan berbagai layanan yang unik di Internet. Perusahaan perusahaan kecil yang sudah berinovasi dengan memperkecil waktu proses pembuatan produknya.

Agus wibisono @2011

Artikel Terkait

Comments

  1. By Firman

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>