Konsep Teknologi Dalam Pengembangan Produk Industri

Bagikan IlmuFacebook7Twitter0Google+1247LinkedIn0Pinterest0tumblrEmail

Setiap teknologi pasti akan berkembang. Pada jaman prasejarah, dengan bukti peninggalan peralatan untuk berburu yang terbuat dari batu. Teknologi itu semakin lama akan semakin berkembang. Pada saat ini kita sudah merasakan teknologi dengan komputer, Nano teknologi, dan bahkan Bio teknologi. Perkembangan ini didasari atas dasar teknologi dan penemuan jawaban dari permasalahan permasalahan yang ada dan berkembang. Tujuannya yaitu itu membantu mempermudah kehidupan manusia.


Definisi dari teknologi menurut buku ini yaitu, pengetahuan terbaru dari keahlian, pengetahuan dan praktik yang bertujuan untuk mempermudah manusia. Adapun teknologi ini bisa berupa pengembangan makanan, energi, material, distribusi dan konsumsi yang terdiri dari transportasi dan komunikasi serta layanan yang terdiri dari sektor perdagangan dan perbankan.

Perkembangan teknologi berdasar kepada kesejahteraan pengguna yang meliputi aspek budaya, sosial, sumber daya alam, lingkungan dan riset. Oleh karena itu proses penciptaan teknologi harus disertai dengan tanggung jawab dan konsekuensi dari  segala akibatnya. Bertanggung jawab terhadap kerberlangsungan manusia di masa yang akan depan. Tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan saat ini.
Sebagai seorang engineer, kita harus memperhatikan teknologi dalam pengembangan dan perancangan suatu produk. Teknologi itu bisa meliputi teknologi sederhana maupun teknologi yang kompleks. Teknologi yang digunakan mulai dari proses perancangan, proses manufaktur sampai dengan distribusi hingga ke tangan konsumen.
Misalnya dalam perancangan desain suatu produk menggunakan teknologi computer aided design (CAD) dengan melakukan beberapa pendekatan dalam perancangan misalnya dari segi Ergonomi, pembuatan model dan faktor-faktor lain.
Dalam proses manufaktur sudah menggunakan mesin-mesin berteknologi yang otomatis. Perencanaan produksi sudah dikalkulasi melalui komputer. Apalagi proses inspeksi dalam menjaga kualitas sudah menggunakan beberapa sensor dan komputer sehingga mampu memilah sendiri mana barang yang cacat. Penerapan sistem informasi yang menyeluruh sehingga meningkatkan efisiensi dalam proses penciptaan suatu barang.
Selain itu dalam proses distribusi juga menggunakan teknologi yang mempermudah dan mempersingkat waktu distribusi dan manajemen rantai pasok. Misalnya dengan teknologi Global Positioning System (GPS) mampu melacak posisi perkembangan distribusi, Penerapan teknologi Radio Frequency Identifier (RFID) sehingga mempermudah dalam melakukan inventarisasi gudang dan tranportasi.
Dengan adanya teknologi tersebut maka bagi perusahaan akan menjadi nilai tambah dalam menjaga produknya bersaing dengan yang lain. Produk yang berdasarkan teknologi akan mempunyai keunggulan bersaing. Apalagi pada jaman sekarang ini dimana sudah era globalisasi. Produksi produk sudah mengalami lintas negara.
Bahkan sekarang ini mengenai kondisi lingkungan juga harus diperhatikan. Oleh karena itu sekarang muncul teknologi teknologi yang berdasarkan lingkungan. Misalnya penerapan Green Design dalam perancangan produk, penggunaan material dengan daur ulang yang ramah lingkungan, penanggulangan sampah industri dengan teknologi yang ramah, kampanye hijau dan Eco Labelling. Tentu saja teknologi harus menjaga kondisi bumi kita menjadi hijau kembali.
Penerapan teknologi memang penting. Kita tidak bisa terlepas dari teknologi. Terutama bagi industri produk maupun jasa. Namun kita juga harus ingat bahwa teknologi mempermudah manusia bukan mempersulit. Bukan kah begitu?? bagaimana menurut anda.

Artikel Terkait

Comments

  1. By chandra

    Reply

  2. By dhani

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>