The Toyota Way

Bagikan IlmuFacebook6Twitter1Google+0LinkedIn0Pinterest0tumblrEmail

Toyota pertama kali menjadi perhatian dunia dengan kualitas dan efisiensi yang istimewa. mobil-mobil dari jepang bertahan lebih lama dibandingkan dengan mobil-mobil buatan amerika. Purna jual lebih baik dan memerlukan sedikit reparasi dibandingkan dengan produk-produk mobil buatan perusahaan lain. Yang istimewa dari Toyota yaitu dalam perancangan dan pembuatan produk mobil-mobil memiliki konsistensi pada proses produk yang bagus. Toyota merancang produknya lebih cepat, dengan tingkat kehandalan yang lebih tinggi tetapi dengan biaya yang kompetitif, meskipun biaya pekerja upah pekerja Jepang yang relatif tinggi. Permasalahan dan kelemahan yang tampak di dalam Toyota segera diselesaikan dengan cepat. Tingkat penjualan produk Toyota saat ini mencapai enam juta tiap tahun di 170 negara. Apalagi di krisis global kemarin. Saham dari perusahaan Toyota menunjukkan kenaikan, padahal perusahaan kompetitor lain sahamnya pada turun semua. Kondisi ini tidak terlepas dari prinsip “Toyota Ways” yang diterapkan di perusahaan Toyota.

*****

Toyota Ways : 14 prinsip manajeman dari perusahaan manufaktur terhebat di dunia

Toyota ways merupakan pendekatan Toyota dalam menjalankan bisnisnya. Toyota Ways dan Toyota Production System (TPS) merupakan satu kesatuan pendekatan yang dilakukan perusahaan Toyota sehingga menjadi perusahaan manufaktur terhebat di dunia. Terjadi peningkatan produktivitas dan kualitas yang luar biasa di Toyota. Selain itu pemberdayaan seluruh organisasi untuk melakukan peningkatan secara berkesinambungan ( continuous improvement). Semua upaya peningkatan ini bertujuan untuk menghilangkan pemborosan (waste) dari sistem produksinya. Dengan demikian akan tercipta organisasi yang ramping (lean).

Prinsip-prinsip Toyota Ways ini dibagi menjadi 14 prinsip yang dibagi menjadi empat bagian yang sederhana :

filosofi jangka panjang (long term philosophy).

  1. Ambil keputusan manajerial ande berdasarkan filosofi jangka panjang, meskipun mengorbankan sasaran keuangan jangka pendek.

proses yang benar akan membuahkan hasil yang benar (the right process will produce the right result).

  1. Ciptakan proses yang mengalir secara kontinu untuk mengangkat permasalahan ke permukaan.
  2. Gunakan sistem tarik (pull system) untuk menghindari produksi yang berlebih.
  3. Ratakan beban kerja (heijunka).
  4. Bangun budaya berhenti untuk memperbaiki masalah dan untuk memperoleh kualitas yang baik sejak awal.
  5. Standar kerja merupakan fondasi dari peningkatan berkesinambungan (continuous improvement) dan pemberdayaan karyawan.
  6. Gunakan pengendalian visual agar tidak ada masalah tersembunyi.
  7. Gunakan hanya teknologi handal yang sudah benar-benar teruji untuk membantu orang-orang dan proses anda.

menambah nilai untuk organisasi dengan mengembangkan orang dan mitra kerja anda (add value to your organization by developing your people and partners).

  1. Kembangkan pemimpin yang benar-benar memahami pekerjaannya, menjiwai filosofi dan mengajarkan kepada orang lain.
  2. Kembangkan orang dan kelompok yang memiliki kemampuan istimewa, yang menganut filosofi perusahaan anda.
  3. Hormati jaringan mitra dan pemasok anda dengan memberi tantangan dan membantu mereka melakukan peningkatan.

menyelesaikan akar permasalahan secara terus menerus mendorong pembelajaran organisasi (continuously solving roots problems dirvers organizational learning).

  1. Pergi dan lihat sendiri untuk memahami situasi sebenar-benarnya (genchi genbutsu).
  2. Buat keputusan secara perlahan-lahan melalui konsensus, pertimbangkan semua pilihan dengan seksama, kemudian implementasikan keputusan itu dengan sangat cepat.
  3. Menjadi suatu organisasi pembelajaran melalui refleksi diri tanpa kompromi (hansei) dan peningkatan berkesinambungan (kaizen).

*****

Toyota Production System (TPS)

Toyota production system merupakan pendekatan toyota dalam berproduksi dengan menggunakan lean manufacturing (perusahaan yang ramping). Definisi lean manufacturing yaitu sebagai suatu proses yang terdiri dari lima langkah, yaitu mendefinisikan nilai (value) bagi pelanggan, menetapkan value stream, membuat sistem tarik yang digerakkan oleh pelanggan, dan berusaha keras untuk mencapai yang terbaik. Lean manufacturing sendiri juga harus fokus terhadap proses yang ada. Adapun cara dilakukan dengan :menghilangkan pemborosan waktu dan sumber daya, membangun kualitas ke dalam sistem tempat kerja, menemukan alternatif yang murah tetapi handal untuk mengganti teknologi baru yang mahal, menyempurnakan proses bisnis, dan membangun budaya belajar untuk peningkatan berkesinambungan (continuous improvement).

Dengan ada lean manufacturing tersebut diharapkan dapat juga meningkatkan keunggulan kualitas. Adapun alat-alat dan metode yang diperkenalkan oleh Toyota ini dalam peningkatan kualitas yaitu just-in-time, kaizen, 5S, one piece flow, jidoka dan heijunka.

*****

Dengan prinsip Toyota ways, Perusahaan telah berhasil dalam menciptakan Lexus, sebuah divisi mobil mewah yang sama sekali baru di Toyota. Selain itu Lexus juga berhasil menempatkan citra yang tinggi di pasar mobil mewah. Lexus dapat meningkatkan meningkatkan semangat motivasi dalam melakukan inovasi di bagian engineering. Lexus memecahkan pola perilaku yang telah melekat itu dan para engineer yang hanya mengenal Toyota yang konservatif dan menghindar resiko secara tiba-tiba bekerja untuk proyek baru yang lebih menantang. Hal itu juga mengilhami Prius. Sebuah mobil yang efisien bahan bakarnya dan menggunakan hybrid sebagai tenaga penggerak.

Artikel Terkait

Comments

  1. By olivia

    Reply

  2. By riska

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>